Selasa, 21 Februari 2012

PELATIHAN ANYAMAN BAMBU

Launching Pelatihan  Anyaman Bambu

Sesuai motto PKBM, Kahayang, Kadaek, Kanyaho, Kabisa , PKBM Tiga Lima Desa Nasol Kecamatan Cikoneng Ciamis, mencoba memberikan motivasi kepada masyarakat untuk selalu berupaya untuk bisa berlandaskan kemauan keras. Oleh karenanya PKBM memulai merintis mengadakan pelatihan yang bisa bermanfaat bagi masyarakat dan mendorong sedikit demi sedikit perekonomian dusun di lingkup Desa Nasol Kecamatan Cikoneng.
PKBM Tiga Lima Desa Nasol mengadakan pelatihan menganyam bagi warga yang tidak produktif di dusun Sigung. Kegiatan ini dilakukan karena di lokasi ini banyak tumbuh awi tali ( jenis bambu) yang memiliki tingkat kelenturan yang bagus untuk bahan anyaman. Baik untuk jenis barang seperti tempat tisu, tempat buah, tapi, ayakan, tetenong (tudung saji), atau tampir ( tempat menjemur padi).
Di Dusun ini masyarakat masih banyak yang belum memiliki pekerjaan tetap sehingga PKBM Tiga Lima berusaha memfasilitasi kebutuhan tersebut dengan mengadakan pelatihan menganyam berbagai bentuk barang berbahan bambu. Nara Sumber untuk kegiatan ini khusus di datangkan dari daerah Indihian Tasikmalaya. Hasil dari pelatihan ini dibentuk kelompok usaha yang didorong terus untuk bisa mandiri. Tahap awal, kelompok -kelompok ini diberikan bantuan pemandirian untuk usahanya kelak.
Menjaga keberlangsungan usaha
Inilah salah satu yang sulit, sebuah pelatihan hendaklah memperhatikan aspek tersebut. Hal ini untuk meminimalisir mandegnya usaha kelompok paca pelatihan. Usaha yang dilakukan selama ini yaitu terus menjalin kemitraan dan promosi barang ke konsumen baik internal di sekitar Desa Nasol maupun sekitar Kecamatan Cikoneng.
ini dia beberapa hasil jepretan Kang Toto pada saat pelatihan berlangsung :

hasil yang sudah jadi


Ibu -ibu juga tertarik untuk belajar


Ayo bu..teliti dan tekun ya?

Meraut
kegigihan dan perjuangan


Tetap semangat dengan segala keterbatasan. Inilah salah satu filsafat Si Bapak, yang ini. Pak Rajikin dan Pak Iji yang terus membangun semangatnya untuk terus belajar. Semoga bermanfaat.

Cikoneng
21 Februari 2012

4 komentar:

  1. Wah....bagus sekali program ini kang
    Sukses yah ^_^
    Hatur nuhun...

    BalasHapus
  2. sami sami.
    hatur nuhun silaturtahmina

    BalasHapus
  3. sami sami.
    hatur nuhun silaturtahmina

    BalasHapus
  4. Mau kah kerjasama dalam perbuatan tampir atau tampah bila ya harap hub saya di 08970171669 saya perlu pekerja yang siap pak malkasih

    BalasHapus